Terkadang faktor pengaruh ongkos kirim menjadi pertimbangan untuk setiap customer saat ingin mengirim paket, terutama kirim barang-barang besar yang sangat merepotkan.

Ada dua kategori yang mempengaruhi biaya transportasi dan perhitungan harga, yaitu:

Faktor yang terkait dengan produk:

A. Kepadatan barang: merujuk pada berat atau volume sebuah produk.
B. Kemampuan menempati (stowability): tingkat kemampuan sebuah produk untuk mengisi ruang yang tersedia dalam kendaraan transportasi.
C. Kemudahan atau kesulitan penanganan: Terkait dengan stowability adalah dalam hal kesulitan penanganan produk pada saat loading ke kendaraan transporter.
D. Kewajiban: Produk yang memiliki nilai berat atau volume yang tinggi akan mudah rusak dan akan dikenakan tarif yang tinggi

Faktor-faktor yang terkait dengan pasar:

1. Lokasi pasar, yang menentukan jarak transportasi barang yang harus diangkat.
2. Faktor alam dan pengembangan peraturan pemerintah tentang perusahaan transportasi
3. Seimbang atau tidaknya lalu lintas barang ke luar/masuk pasar
4. Apakah produk yang diangkut dengan tujuan domestik atau internasional

Hal yang paling penting mempengaruhi karakterisktik jasa transportasi untuk tingkat layanan customer adalah:

1. Ketergantungan – konsistensi pelayanan
2. Waktu tunggu (time-in-transit)
3. Fleksibilitas
4. Cakupan pasar
5. Ketersediaan armada
6. Kemampuan dari pengangkut untuk menyediakan lebih dari transportasi dasar

Baca Juga:  Apa itu Three Letter Code?